Di era digital yang serba cepat, siswa menghadapi berbagai tekanan akademik dan sosial yang dapat mempengaruhi regulasi emosi mereka. Mindfulness Islami, sebagai bentuk kesadaran penuh berbasis nilai-nilai Islam, diyakini dapat membantu siswa mengembangkan keseimbangan emosional yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mindfulness Islami dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap regulasi emosi siswa di era teknologi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi, melibatkan siswa sekolah menengah yang mendapatkan intervensi mindfulness Islami dalam pembelajaran PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mindfulness Islami memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan regulasi emosi siswa, terutama dalam aspek pengelolaan stres, pengendalian impuls, dan peningkatan kesejahteraan psikologis. Temuan ini memberikan kontribusi baru dalam kajian pendidikan Islam dan psikologi positif dengan menawarkan pendekatan berbasis agama dalam membantu siswa menghadapi tantangan era teknologi.
Copyrights © 2024