Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang bullying dan upaya pencegahannya di SDI Dungan melalui program sosialisasi. Menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi literatur, penelitian ini fokus pada penyusunan dan penyampaian materi sosialisasi yang relevan tanpa melakukan pengumpulan data lapangan langsung. Materi sosialisasi mencakup definisi bullying, bentuk-bentuknya, faktor penyebab, dampak, serta sanksi yang berlaku, disajikan dalam format yang mudah dipahami oleh siswa, guru, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman komunitas sekolah tentang kompleksitas faktor penyebab bullying, bergeser dari pandangan simplistik ke pemahaman yang lebih komprehensif. Perubahan ini penting untuk mengatasi akar masalah bullying dan mengurangi stigma terhadap pelaku, mendorong pendekatan yang lebih konstruktif dan rehabilitatif. Program sosialisasi ini tidak hanya bertujuan untuk memahami fenomena bullying, tetapi juga berkontribusi pada upaya pencegahan dan penanganan yang efektif di lingkungan sekolah, menekankan pentingnya edukasi dan kesadaran dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan positif bagi semua siswa.
Copyrights © 2025