Era digital telah mengubah lanskap bisnis memunculkan tantangan dan peluang baru untuk manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Artikel ini menginvestigasi dampak penggunaan Kecerdasan Buatan (AI), Big Data, dan Otomasi terhadap kinerja SDM dalam lingkungan bisnis yang semakin digital. Findings - Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana teknologi-teknologi ini memengaruhi SDM, baik secara positif maupun negatif. Design/methodology/approach - Metode penelitian melibatkan survei, analisis data, dan studi kasus pada berbagai industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran AI telah mengubah cara SDM melakukan tugas-tugas rutin. AI memungkinkan SDM untuk mengoptimalkan proses rekrutmen, memberikan pelatihan yang disesuaikan, dan meramalkan kebutuhan tenaga kerja di masa depan. Big Data menjadi sumber daya berharga dalam pengambilan keputusan SDM. Data yang dikumpulkan dari berbagai sumber memungkinkan analisis mendalam tentang kinerja karyawan, kebahagiaan di tempat kerja juga telah mengubah lanskap pekerjaan dengan mengambil alih tugas-tugas yang repetitif, membebaskan waktu SDM untuk fokus pada pekerjaan yang lebih berstrategi. Practical implications - Namun, penelitian ini juga menggarisbawahi beberapa tantangan. Perubahan budaya organisasi diperlukan untuk mengintegrasikan teknologi ini secara efektif, dan kekhawatiran tentang privasi data harus diatasi dengan kebijakan yang ketat. Originality/value - Dalam kesimpulan, penggunaan Kecerdasan Buatan, Big Data, dan Otomasi memiliki dampak yang signifikan pada kinerja SDM di GraPahari Telkomsel. Organisasi yang mampu menggabungkan teknologi-teknologi ini dengan budaya kerja yang inovatif akan muncul sebagai pemimpin dalam mengoptimalkan sumber daya manusia mereka dan mendapatkan keunggulan kompetitif dalam era digital yang terus berkembang.
Copyrights © 2025