Journal of Economic and Bussiness Retail
Vol 5, No 1 (2025): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)

Bauran Pemasaran Ritel dan Keputusan Pembelian Konsumen (Studi kasus Trust Mart Diniyyah Putri Provinsi Lampung)

Budiono, Danu (Unknown)
Sormin, Rahma Diani (Unknown)
Adriani, Weni Yunisa (Unknown)
Rahmawati, Yannisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Bauran pemasaran ritel adalah alat yang digunakan untuk mengimplementasikan dan menjawab perkembangan strategi ritel untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan dari target pasar lebih banyak daripada pesaing. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui faktor-faktor yang dominan dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko ritel modern Trust Mart Diniyyah Putri Provinsi Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari bauran pemasaran yang terdiri dari; customer service, store design & display, communication skills, location, merchandise assortment, dan pricing terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko ritel modern Trust Mart Diniyyah Putri Provinsi Lampung. Jumlah sampel yang akan digunakan adalah sebanyak 100 responden, dengan metode purposive sampling dan snowball sampling. Responden adalah konsumen pada toko ritel modern Trust Mart Diniyyah Putri Lampung yang terdiri dari santri wati, pekerja dan masyarakat umum. Teknik analisis linier berganda digunakan menggunakan program SPSS versi 23. Hasil penelitian didapatkan bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara parsial variabel store design & display, merchandise assortment, dan pricing, berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel communication skills dan location tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian berikutnya dilakukan dengan menambahkan prilaku pasca pembelian karena konsumen akan mengevaluasi pengalaman setelah melakukan keputusan pembelian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jebr

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The Journal of Retail Economics and Business aims to share knowledge and current issues related to Retail Economics and Business research. Our specific coverage is Retail Business In the field of business, we accept articles with the following scope: Financial Management and Financial Accounting ...