cover
Contact Name
M. AZKA KESUMA WARDANA
Contact Email
m.azkakesuma.w@gmail.com
Phone
+6287762154904
Journal Mail Official
jebr@instidla.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Negeri Sakti No.16, Negeri Sakti, Kec. Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung 35366
Location
Kab. pesawaran,
Lampung
INDONESIA
Journal of Economic and Bussiness Retail
ISSN : 28073185     EISSN : 28072987     DOI : -
Core Subject : Economy,
The Journal of Retail Economics and Business aims to share knowledge and current issues related to Retail Economics and Business research. Our specific coverage is Retail Business In the field of business, we accept articles with the following scope: Financial Management and Financial Accounting Operational Management. HR and Knowledge Management. Marketing Management. Strategy Management Entrepreneurship Management Information System Economics In Economics, we accept articles with the following scope: Macroeconomics Microeconomics Translated with DeepL.com (free version)
Articles 57 Documents
METODE PENCATATAN DAN PENGARUHNYA PADA LAPORAN KEUANGAN Yannisa Rahmawati; Ayudia Dwi Puspita
Journal of Economic and Business Retail Vol 1, No 2 (2021): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v1i2.39

Abstract

Laporan keuangan dibuat atas dasar fakta berdasarkan kronologi dari suatu transaksi yang terjadi pada suatu periode. Untuk menghasilkan laporan keuangan yang relevan, maka arus pendapatan dan biaya harus dapat diterapkan dengan baik serta sesuai prinsip akuntansi yang diterima umum. Jika perlakuan akuntansi terhadap pendapatan dan biaya tidak dilakukan secara tepat, maka laporan keuangan akan menghasilkan suatu penilaian yang understated (dilaporkan terlalu rendah) atau overstated (dilaporakan terlalu tinggi). Cash basis dan accrual basis merupakan dua metode pencatatan yang ada dalam konsep akuntansi. Teknik analisis data yaitu kausal komparatif yaitu menyelidiki kemungkinan hubungan sebab-akibat. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan nominal dari metode pencatatan cash basis ke metode pencatatan accrual basis yaitu aktiva meningkat 3,1%, kewajiban meningkat 312%, ekuitas menurun 15,3%, pendapatan menurun 29,7% dan biaya meningkat 0,5%. Transaksi yang dicatat menggunakan metode accrual basis lebih transparansi karena mencerminkan keadaan yang sebearnya dibandingkan pencatatan yang menggunakan metode cash basis.
Kinerja Keuangan Toko Ritel (Indomaret VS Alfamart) Maulina Agustin; Ayudia Dwi Puspitasari; Levina Rachmawati
Journal of Economic and Business Retail Vol 4, No 2 (2024): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v4i2.206

Abstract

Untuk mengetahui kinerja keuangan ataupun menilai kinerja keuangan pada suatu perusahaan dapat dilakukan dengan menganalisi laporan keuangan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kinerja keuangan Indomaret, menganalisis kinerja keuangan Alfamart dan membandingkan kinerja keuangan Indomaret dan Alfamart. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif sendiri berarti penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada berdasarkan data – data yang ada dengan menguji, membandingkan, menganalisis dan menjelaskan tentang gejala – gejala kondisi keuangan suatu perusahaan. Data menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan yang dilaporkan ke Bursa efek Indonesia BEI selama tahun 2019 sampai dengan 2023. Dalam penelitian ini populasi adalah Indomaret atau PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET. PT) dan Alfamart atau PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), dengan sampel yang digunakan laporan keuangan Indomaret atau PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET. PT) dan Alfamart atau PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), untuk sampel laporan keuangan kedua perusahaan khususnya terdapat data untuk perhitungan rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio hutang/ solvabilitas/leverange), dan rasio profitabilitas. Hasil penelitian menunjukkan kedua toko ritel Indomaret dan Alfamart memiliki kelebihan masing-masing, ada beberapa rasio yang Indomaret lebih baik dari pada Alfamart namun ada di beberapa rasio juga Alfamart lebih baik dari Indomaret.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT SISWA MEMILIH PERGURUAN TINGGI DIMASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada SMA dan SMK di Kab. Pesawaran) Rahma Diani Sormin; Sherly Etika Sari; Rara Dinika Sasti; Tri Ruwanda
Journal of Economic and Business Retail Vol 1, No 1 (2021): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v1i1.26

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu jenis investasi jangka panjang yang harus dimiliki oleh seseorang karena dengan pendidikan seseorang dapat menjadi sumber daya manusia yang handal dan mampu bersaing dimasa yang akan datang. Antusias masyarakat Indonesia melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi kian meningkat hingga tahun 2019. Namun dua tahun terahir ini antusias masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi mengalami penurunan yang cukup signifikan terutama perguruan tinggi swasta di Lampung. Hal ini disebebkan oleh banyak siwa yang menunda studinya akibat dari pandemi covid-19. Permasalahan ini menjadi ajang perlombaan bagi perguruan tinggi melakukan pemasaran kepada publik agar menarik minat masyarakat untuk menanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang mereka naungi. Menurut Philip Kholter (2004:9), pemasaran jasa dapat dilakukan dengan menggunakan 7 P yaitu produc, price, promotion, place, people, process dan physical evidence. 7P ini digunakan peneliti sebagai variabel independent. Tujuan  dari penelitian ini ini adalah ingin melihat besaran pengaruh yang diperoleh dari setiap variabel independen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis regresi linear berganda yang telah dilakukan pada penelitian ini, persamaan regresi linear berganda adalah Y = -6.209+0.753 produk + 0.385 harga+ 0.257 promosi+0.115 tempat+0.236 orang+ 0.390 proses+ 0.132 bentuk fisik. Jika di uji secara simultan ternyata ketujuh variabel tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap minat siswa dalam memilih perguruan tinggi dimasa pandemic covid-19 dan besaran pengaruh yang dihasilkan adalah sebesar 0,827 atau 82,7% dan sisanya 17,3% disebabkan oleh faktor lain, dimana faktor lain tersebut tidak di analisis oleh peneliti.Kata Kunci : Pemasaran (7 P), Minat Siswa, Memilih Perguruan Tinggi, Pandemik Covid-19, Kab.Pesawaran.
STRATEGI MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI KEDAI KOPI DOESOEN COFFEE AND SPACE BANDAR LAMPUNG Anas Khair Prikurnia; Weni Yunisa Adriani; Rudi Kurniawan
Journal of Economic and Business Retail Vol 4, No 1 (2024): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v4i1.171

Abstract

ABSTRACTThis research aims to determine strategies for increasing customer satisfaction through service quality at Bandar Lampung coffee shops with studies conducted at Doesoen Coffee Bandar Lampung coffee shops. This type of research uses explanatory research. The population in this research is consumers of the Doesoen Coffee and Space coffee shop. The sampling technique in this research was purposive sampling with a sample of 100 people who visited the coffee shop. Data was obtained from a questionnaire using Likert scale measurements. Based on research data analysis and data analysis, service quality with the dimensions of reliability, responsiveness, assurance and empathy has a significant positive effect on customer satisfaction. This shows that the influence of service quality with the dimensions of reliability, responsiveness, assurance and empathy can increase customer satisfaction at the Doesoen Coffee and Space coffee shop. Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction, Doesoen Coffee and Space ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam meningkatkan kepuasan pelanggan melalui kualitas pelayanan di kedai kopi Bandar Lampung dengan studi yang dilakukan di kedai kopi Doesoen Coffee Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan Eksplanatory Research. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kedai kopi Doesoen Coffee and Space. Teknik  pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan sampel 100 orang yang mengunjungi kedai kopi tersebut. Data diperoleh dari kuesioner menggunakan pengukuran skala likert. Berdasarkan analisis data penelitian dan analisis data, kualitas pelayanan dengan dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan dengan dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati dapat meningkatkan kepuasan pelanggan di kedai kopi Doesoen Coffee and Space.Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Doesoen Coffee and Space
DAMPAK SELF EFFICACY, PROFESIONALISME, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN PESAWARAN Weni Yunisa Adriani; Iis Ariska Nurhasanah
Journal of Economic and Business Retail Vol 3, No 2 (2023): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v3i2.112

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Objek penelitian ini adalah Sekretariat Daerah Kabupaten Pesawaran. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 responden dengan menggunakan rumus slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh: (a) Terdapat pengaruh positif dan signifikan self efficacy terhadap kinerja pegawai. (b) Terdapat pengaruh positif dan signifikan profesionalisme terhadap kinerja pegawai. (c) Terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin kerja terhadap kinerja. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan self efficacy, profesionalisme, dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja. Berdasarkan uji koefisien Determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,741 atau 74,1% hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan variabel independen Self Efficacy, Profesionalisme, dan Disiplin Kerja terhadap variabel dependen Kinerja sebesar 0,741 atau 74,1%. Sedangkan sisanya sebesar 25,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
RETAIL REVOLUTION DI MASA PANDEMI COVID-19 Studi Kasus di Yomart Sukalarang Diani Anggraeni; Zeffanya Raphael Wijaya
Journal of Economic and Business Retail Vol 3, No 1 (2023): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v1i2.68

Abstract

ABSTRAKDalam beberapa dekade terakhir, perkembangan industri ritel telah membawa standarisasi luas format dan teknologi ritel global. Berdasarkan tinjauan literatur, perusahaan ritel global di era 4.0 ini adalah pelopor dalam menggunakan revolusi industri untuk mendirikan perusahaannya sendiri. dinasti dalam model ritel baru, mereka memperkenalkan dunia ke berbagai strategi e-commerce pada  perusahaan ritel global. Penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, dan pencatatan langsung dengan informan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil wawancara menunjukkan bahwa kehadiran pandemi COVID-19 berdampak negatif terhadap kunjungan konsumen, pendapatan dan meningkatnya persaingan antar pelaku ritel. Adanya pandemi COVID-19 menjadi tantangan alami bagi pelaku bisnis ritel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan revolusi ritel di Yomart Sukalarang selama masa pandemi.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, PENGAWASAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI Abdurrahman Imansyah
Journal of Economic and Business Retail Vol 3, No 1 (2023): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v1i1.32

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Objek penelitian ini adalah Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 73 responden dengan menggunakan rumus slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh: (a) Terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan terhadap kinerja. (b) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengawasan terhadap kinerja. (c) Terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin kerja terhadap kinerja. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan, pengawasan, dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja. Berdasarkan uji koefisien Determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,719 atau 71,9% hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan variabel independen Gaya Kepemimpinan, Pengawasan, dan Disiplin Kerja terhadap variabel dependen Kinerja sebesar 0,719 atau 71,9%. Sedangkan sisanya sebesar 28,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.Kata kunci : Gaya Kepemimpinan, Pengawasan, Disiplin Kerja, Kinerja
Pemberdayaan Masyarakat Islam melalui Kearifan Lokal: Studi Kasus Bank Sampah Berkah (BSB) Talang Benih Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu Soleha Soleha; Iis Ariska Nurhasanah
Journal of Economic and Business Retail Vol 4, No 2 (2024): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v4i2.199

Abstract

Sampah merupakan penyumbang terbesar dan sangat berbahaya jika tidak dikelola dengan baik. Salah satu kota yang sering mengalami banjir akibat penumpukan sampah ialah Kota Curup. Kota Curup merupakan salah satu Kota yang terletak di Kabupaten Rejang Lebong. Kota dengan luas 1550,28 km2 mempunyai 15 kecamatan dan 156 desa/ kelurahan. Data pada tahun 2023 sampah yang dihasilkan dari 15 kecamatan ini sebanyak 37 ton/hari. Sampah kerap menjadi masalah merusak keindahan kota, menimbulkan bau tidak sedap, penyebaran penyakit dan banyak lainnya. Penyebab terjadinya penumpukan sampah karena kurangnya kesadaran masyarakat mengenai sampah. Semenjak dinonaktifkannya kotak sampah pemerintah daerah masyarakat semakin mengeluh karena banyak sampah yang terbengkalai dan menggangu sistem irigasi dan sumber air pembangkit listrik. Oleh karena itu salah satu warga setempat berinisiatif membentuk bank sampah. Banyak sampah ini dikenal dengan sebutan Bank Sampah Berkah (BSB). Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi efektivitas bank sampah, mengevaluasi dampak dari adanya bank sampah berkah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa dengan adanya bank sampah masyarakat mempunyai kemampuan dalam mengelola sampah seperti memilah sampah dan dapat memenuhi kebutuhannya melalui tabungan sampah. Masalah yang kerap terjadi dapat diatasi, sampah menjadi bernilai ekonomi, kesadaran masyarakat meningkat akan pentingnya pengelolaan sampah. Menciptakan peluang kerja baru, menambah pendapatan bagi masyarakat sekitar, pendapatan masyarakat meningkat yang semulanya hanya dari satu sumber, hubungan antar masyarakat terjalin dan memberdayakan anak-anak disabilitas yang kerap mendapatkan kendala dalam mencari pekerjaan. Adanya BSB membawa keberkahan bagi semua dan diridhoi Allah swt karena Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan membersihkan diri.
ANALISIS STRATEGI UMKM ANGKRINGAN BANG JALI DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING Ratu Chaterine Fajri; Anas Khair Prikurnia
Journal of Economic and Business Retail Vol 3, No 2 (2023): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v3i2.114

Abstract

Angkringan ialah tempat makan dengn harga yang cukup murah serta Identik dengan kebersamaan serta kesederhanaan nya buat sekedar makan, minum kopi, serta nongkrong. Angkringan telah banyak ditemukan di Kota Bandar Lampung. Angkringan sebagai bentuk perekonomian kecil yang bisa bertahan dan bersaing dengan Rumah Makan cepat saji juga warung-warung lain di Kota Bandar Lampung. Salah satu angkringan yang berada di Kota Bandar Lampung ialah Angkringan Bang Jali yang berada di Jl. Jenderal Sudirman 66-62, namun Angkringan – angkringan serupa yang berada di dekat Angkringan Bang Jali pun semakin bersaing dalam merebut pelanggan terdapat beberapa Angkringan yang lain dan Warung Ketoprak Romo. Banyak menu makanan dan minuman yang tersedia di Angkringan Bang jali dan memiliki ciri khas menu yaitu Nasi Goreng Rempah Krakatau yang sangat diminati bagi para pelanggan angkringan tersebut. Angkringan Bang Jali ini berada diluar ruangan jadi ketika hujan datang itu akan membuat para pelanggan kurang menikmati, disaat weekend angkringan ini ramai di datangi para pelanggan namun disaat weekday angkringan ini kurang ramai di datangi pelanggan. Strategi manajemen pemasaran untuk mengatasi perubahan lingkungan eksternal juga internal dapat dilihat dengan kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang. Analisis SWOT merupakan cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan dalam manajemen pemasaran tersebut.Kata Kunci : Angkringan, Strategi, Pemasaran.
ANALISIS BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) PADA PORTOFOLIO PRODUK UNILEVER Nanda Andreas Octavini; Weni Yunisa Adriani; Nopi Yana; Rolando Mandela
Journal of Economic and Business Retail Vol 2, No 1 (2022): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v2i1.86

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis matriks  Boston Consulting Group (BCG) pada portofolio produk Unilever dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat berdasarkan analisis matriks Boston Consulting Group (BCG). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah matriks Boston Consulting Group (BCG). Berdasarkan hasil pemetaan pada  matriks Boston Consulting Group (BCG) dapat dijelaskan bahwa kesepuluh produk Unilever menempati kuadran (posisi) yang berbeda-beda yaitu :  pada kuadran I atau Question Mark ada empat produk yang dipetakan ke dalam kuadran ini yaitu Savory, Spread, Tea and Soy Beverages, House Hold Care. Produk tersebut memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi namun pangsa pasar yang rendah. Hal ini perlu ditingkatkan agar semua produk dapat bergeser ke posisi Star . Pada kuadran IV atau Dog ada enam produk yang berada dalam kuadran ini yaitu Skin Cleansing, Skin Care, Oral Care, Deodorant, dan Hair Care. Pada kuadran ini pertumbuhan produk sangat kecil dan pangsa pasar juga rendah. Oleh karena itu, perusahaan harus melakukan sesuatu agar produk tersebut tetap dapat bersaing dan berkembang dan bisa bergerak ke posisi Question Mark.