Media Bina Ilmiah
Vol. 19 No. 7: Februari 2025

PENGARUH MUTU PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP LOYALITAS PASIEN YANG DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN PASIEN DI RUMAH SAKIT XYZ MINAHASA UTARA

Indah Lestari Tuhatelu (Unknown)
Pauline Henriette Pattyranie Tan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2025

Abstract

Loyalitas pasien merupakan hasil langsung dari tingkat kepuasan pasien. Pasien yang loyal adalah mereka yang secara konsisten memilih dan menggunakan layanan kesehatan dari satu tempat atau penyedia layanan kesehatan tertentu. Loyalitas pasien menjadi tujuan strategis bagi fasilitas kesehatan karena memiliki dampak positif pada keberlanjutan operasional, reputasi, dan stabilitas keuangan. Loyalitas pasien seringkali terkait erat dengan kepuasan pasien terhadap pengalaman yang mereka dapatkan selama perawatan medis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan dan kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien yang dimediasi oleh kepercayaan pasien. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, survei diberikan kepada 308 responden dengan analisis statistik menggunakan PLS-SEM. Ada pengaruh positif antara mutu pelayanan, kepuasan pasien, kepercayaan pasien terhadap loyalitas pasien dengan p value 0.00 (<0.05). Dalam meningkatkan loyalitas pasien, maka perlu meningkatkan mutu pelayanan dan kepuasan pasien sehingga kepercayaan pasien dan loyalitas pasien akan tercipta.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MBI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Media Bina Ilmiah, ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505 (online), diterbitkan 12 (Dua Belas) nomor dalam setahun (Januari-Desember) oleh BINA PATRIA. Jurnal ini merupakan sarana komunikasi dan penyebarluasan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran dalam bidang ...