Abstrak. Masalah pertama yang dihadapi dalam pembelajaran sastra adalah 1) ketidakmampuan guru dalam menguasai sastra, 2) kurangnya keterampilan mengajar bagi guru, dan 3) kurangnya pemahaman terhadap sastra. Masalah kedua dalam bidang teknologi adalah 1) belum dapat mengemas media dengan baik, 2) belum pernah mengikuti pelatihan pembuatan media ajar, dan 3) kurang termotivasi dalam meningkatkan keterampilan IT. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut antara lain adalah 1) pelatihan pembuatan bahan ajar kesastraan, 2) pelatihan pembuatan media pembelajaran, 3) pelatihan dan pendampingan pengemasan media pembelajaran sastra, 4) pelatihan dan penguatan strategi dalam menggunakan media yang telah dibuat oleh guru, serta 5) pelatihan mempromosikan hasil karya melalui website atau YouTube. Dengan adanya media ini, guru diharapkan dapat lebih efektif dalam menjelaskan cara membaca puisi yang baik, sesuai dengan yang ditampilkan oleh media audio-visual. Sekolah merupakan wadah penting dalam menuntut ilmu pengetahuan, namun jika sekolah tidak mampu membuat siswa bergairah, maka perlu dievaluasi kembali apa yang kurang dalam proses belajar. Hal ini tentu berkaitan dengan pembelajaran sastra yang sering kali terbatas pada penghafalan teori dan teks, di mana yang dinilai lebih sering hanya kemampuan menghafal. Oleh karena itu, pengabdian ini dilakukan untuk membantu menyelesaikan masalah yang terjadi dalam pembelajaran sastra di SMP Unismuh Makassar. Kata kunci; Pelatihan; Media; Pembelajaran; Sastra; VSDC; PPT.
Copyrights © 2024