Penelitian ini bertujuan untuk megetahui kondisi awal kreativitas siswa, proses pemaduan warna siswa, hasil peningkatan kreativitas, dan kendala yang dihadapi serta solusi yang diterapkan untuk meningkatkan kreativitas pembelajaran seni rupa di kelas III SD 3 Jepang Pakis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengamatan ini bertujuan untuk melihat sejauh apa kreativitas siswa melalui kegiatan menggambar dan melukis. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yaitu penerapan strategi pembelajaran yang interaktif, variasi material, dan penguatan motivasi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini mengenai peningkatan kreativitas melalui kegiatan menggambar dan melukis membuat siswa lebih tertarik mempelajari karya seni. Kegiatan menggambar ini memungkinkan siswa mengekspresikan pikiran dan imajinasinya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025