Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan publik yang dipengaruhi oleh patologi birokrasi di Kantor Desa Bina Baru Kecamatan Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi penelitian ini adalah 38 orang yang pernah mendapatkan pelayanan dari Kantor Desa Bina Baru pada bulan November dan Desember 2022. Studi asosiatif kuantitatif adalah jenis penelitian ini. Dalam penelitian ini, kuesioner, studi literatur, dan observasi adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistic 29.0, teknik analisis data yang dilakukan adalah uji validitas, reliabilitas, dan regresi linier sederhana. Berdasarkan temuan penelitian, patologi birokrasi Kantor Desa Bina Baru masuk dalam kategori "Kurang Baik" dengan hasil % 57,7%. Dengan nilai % 60%, kualitas pelayanan publik di Kantor Desa Bina Baru masuk dalam kategori "Kurang Baik". Kategori "Signifikan/ Berpengaruh" meliputi dampak patologi birokrasi terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Desa Bina Baru Kecamatan Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang. Dengan koefisien regresi sebesar 0,547, variabel patologi birokrasi berpengaruh positif terhadap variabel kualitas pelayanan publik. Dari uji ANOVA diperoleh Fhitung sebesar 20,067 dengan tingkat signifikansi/probabilitas sebesar 0,000 (sig 0,000 0,05) menunjukkan adanya pengaruh.
Copyrights © 2023