Edu Research : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 5 No 4 (2024): EDU RESEARCH

TINDAK TUTUR EKSPRESIF DAN STRATEGI BERTUTUR GURU DALAM PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI KELAS X DI SMA NEGERI 4 KERINCI

Catrin Natasya (Unknown)
Tressyalina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan beberapa aspek berikut. Pertama, bentuk-bentuk tindak tutur ekspresif yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran teks negosiasi di kelas x sma negeri 4 kerinci. Kedua, strategi bertutur yang diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran teks negosiasi di kelas x sma negeri 4 kerinci. Ketiga, bentuk tindak tutur ekspresif serta strategi bertutur yang paling dominan digunakan oleh guru dalam pembelajaran teks negosiasi di kelas x sma negeri 4 kerinci. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di sma negeri 4 kerinci. Data dalam penelitian ini berupa tuturan guru yang diperoleh dari rekaman percakapan antara guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Sumber data dalam penelitian ini mencakup seluruh tuturan guru bahasa indonesia dalam proses pembelajaran teks negosiasi di kelas x sma negeri 4 kerinci. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sblc (simak bebas libat cakap), teknik rekam, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima bentuk tindak tutur ekspresif yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran teks negosiasi di kelas X SMA Negeri 4 kerinci, yaitu:tindak tutur ekspresif memuji ditemukan sebanyak 35 tuturan, tindak tutur ekspresif mengkritik ditemukan sebanyak 16 tuturan, tindak tutur ekspresif menyalahkan ditemukan sebanyak 7 tuturan, tindak tutur ekspresif meminta maaf ditemukan sebanyak 4 tuturan, tindak tutur ekspresif mengucapkan terima kasih ditemukan sebanyak 1 tuturan. Selain itu, terdapat empat strategi bertutur yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran teks negosiasi di kelas X SMA Negeri 4 kerinci, yaitu:strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi ditemukan sebanyak 24 tuturan strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif ditemukan sebanyak 32 tuturan, strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan negatif ditemukan sebanyak 6 tuturan, strategi bertutur samar-samar ditemukan sebanyak 1 tuturan. Dengan demikian, terdapat 62 bentuk tuturan ekspresif dan strategi bertutur yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran teks negosiasi di kelas X SMA Negeri 4 kerinci.berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa tindak tutur ekspresif yang paling sering digunakan oleh guru adalah tindak tutur ekspresif memuji, sementara strategi bertutur yang paling dominan diterapkan adalah strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif. Hal ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, guru lebih banyak memberikan pujian kepada siswa sebagai bentuk apresiasi serta menggunakan strategi bertutur yang tetap menjaga kesantunan namun tetap jelas dalam penyampaian materi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

EDU RESEARCH : Jurnal Penelitian Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh IICLS (Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies), dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan ...