Edu Research : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 5 No 4 (2024): EDU RESEARCH

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI KELAS V SDN 01 SARILAMAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Dwi Latifah (Unknown)
Nur Azmi Alwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pencapakain hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif desain eksperimen semu (quasi-experimental design) yang menerapkan Nonequivalent Control Group Design. Populasi riset ini adalah siswa kelas V SDN 01 Sarilamak, Kabupaten Lima Puluh Kota dengan kelas VA sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 31 siswa dan kelas VB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 siswa. Analisis data dalam penelitian ini mencakup uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pre-test pada kelompok eksperimen adalah 69,66, dan setelah diterapkan model Problem Based Learning, rata-rata skor post-test meningkat menjadi 81,38. Sementara itu, pada kelompok kontrol, rata-rata pre-test adalah 63,69, dan setelah pembelajaran dengan metode konvensional, skor post-test menjadi 69,03. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi menunjukkan angka 0,001< 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari model Problem Based Learning terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Sekolah Dasar dalam materi menulis teks deskripsi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

EDU RESEARCH : Jurnal Penelitian Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh IICLS (Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies), dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan ...