Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas VI MIS Muallimin Tabek Talang Babungo Kec. Hiliran Gumanti Kab. Solok Tahun Pelajaran 2023/2024. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada saat proses pembelajaran masih di dominasi oleh guru sehingga siswa menjadi pasif, hal ini diduga membuat hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian dengan mengunakan strategi pembelajaran ETH dalam pembelajaran matematika. Strategi pembelajaran ini diduga dapat mengembangkan keaktifan belajar siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas dan hasil belajar matematika siswa yang melalui strategi pembelajaran ETH lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas VI MIS Muallimin Tabek Talang Babungo Kec. Hiliran Gumanti Kab. Solok Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI MIS Muallimin Tabek Talang Babungo Kec. Hiliran Gumanti Kab. Solok Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VI.B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas belajar matematika siswa diperoleh presentase 451,31% tergolong pada kriteria aktif dan analisis tes akhir dihitung dengan mengunakan uji-t, diperoleh hasil thitung = 4,634 dan ttabel = 1,679, mengunakan MINITAB diperoleh Pvalue = 0,403 karena thitung > ttabel dan Pvalue < berarti H0 ditolak pada taraf nyata = 0,05. Dengan demikian, hasil belajar matematika siswa menggunakan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvesional pada kelas VI MIS Muallimin Tabek Talang Babungo Kec. Hiliran Gumanti Kab. Solok Tahun Pelajaran 2023/2024.
Copyrights © 2024