Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 4 (2024): Oktober - Desember 2024

Proses Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah SPLTV Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Rational dan Guardian

Anastasyia, Neneng (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Perbedaan tipe kepribadian Rational dan Guardian memengaruhi proses berpikir kreatif dalam memecahkan masalah SPLTV, sehingga dapat menjadi dasar pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan personal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan proses berpikir kreatif siswa ditinjau dari tipe kepribadian Rational dan Guardian dalam memecahkan masalah SPLTV. pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk menjawab permasalahan dengan melibatkan empat orang siswa kelas X SMA Negeri 2 Enrekang, yang mewakili tipe kepribadian yang diteliti, yaitu dua siswa dengan tipe kepribadian rational dan dua siswa dengan tipe kepribadian guardian.Instrumen yang digunakan meliputi soal tes kemampuan berpikir kreatif, angket tes kepribadian Keirsey, dan pedoman wawancara proses berpikir kreatif dengan tahapan Wallas. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber, dan analisis data dilakukan dengan mereduksi data, diikuti dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tipe kepribadian rational cenderung menunjukkan kreativitas yang lebih tinggi dibandingkan siswa tipe guardian dalam memecahkan masalah SPLTV. Proses berpikir kreatif siswa rational pada tahap persiapan menunjukkan kemampuan mengumpulkan informasi dan memiliki dasar pengetahuan yang baik. Pada tahap inkubasi, mereka cenderung berhenti memikirkan masalah untuk mencari informasi dari sumber lain, dan pada tahap iluminasi mereka mampu menghasilkan lebih dari satu metode penyelesaian. Sedangkan proses berpikir kreatif siswa dengan tipe kepribadian guardian, pada tahap inkubasi menunjukkan bahwa mereka tidak berhenti memikirkan masalah secara sadar, dan pada tahap iluminasi hanya memberikan satu metode penyelesaian sehingga cenderung kurang kreatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...