Pengembangan pola komunikasi tindak tutur dipilih dalam kegiatan UMKM jamu tradisional dari kelompok Toga King Betiri Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember karena dirasa sesuai dengan kondisi masyarakat disana yang menggunakan strategi pemasaran dari mulut ke mulut. Terdapat dua fokus yang menjadi kajian pokok dalam kegiatan ini, yaitu: pertama, jenis tindak tutur yang meliputi: tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi (terdiri dari: asertif atau representatif, komisif, direktif, ekspresif, dan deklaratif), dan tindak tutur perlokusi; kedua, wujud tindak tutur yang meliputi: verbal (terdiri dari: pernyataan, pertanyaan, dan perintah), non-verbal, tertulis, visual, simbolik, mimikri, dan multimodal sebagai strategi marketing dengan memperkenalkan jamu tradisional kepada komunitas senam sekecamatan Tempurejo di lingkungan kelompok Toga King Betiri Desa Andongrejo. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan metode brainstorming, diskusi, dan demonstrasi. Akhirnya, kegiatan pengembangan tindak tutur diharapkan meningkatkan sikap, pemahaman dan keterampilan yang terintegrasikan dalam upaya optimalisasi strategi marketing jamu tradisional di kelompok Toga King Betiri Desa Andongrejo.
Copyrights © 2025