Jurnal Ilmu Komunikasi AKRAB
Vol. 9 No. 01 (2024): Desember

Studi Kasus Peran Perempuan Dalam Komunikasi Pemasaran Bisnis MLM Varash

Virgo Kartika, Widyaningtyas (Unknown)
Yudhatama, Iranda (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Peran perempuan baik sebagai pelaku bisnis maupun sebagai konsumen suatu produk, pada era ini sudah merupakan keniscayaan. Hal ini dikarenakan di era saat ini, peran perempuan di bidang ekonomi relatif cukup berpengaruh baik sebagai pelaku usaha maupun sebagai konsumen. Bahkan menurut sebuah survey menunjukkan, bahwa telah terjadi pergeseran peran perempuan, di mana seorang perempuan merupakan pengendali atau mengontrol sekitar 80 persen pengeluaran rumah tangga (Kartajaya, et.al., 2005) Sementara itu, komunikasi pemasaran merupakan aspek penting dalam suatu entittas bisnis dan menjadi penentu suksesnya pemasaran yang dilakukan melalui berbagai model komunikasi.. Berdasarkan hal tersebut di atas, menjadi suatu hal yang menarik untuk diteliti terkati dengan fenomena komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh kaum perempuan baik sebagai pelaku bisnis MLM produk Varash maupun sebagai konsumen di wilayah DIY. Medote penelitian yang digunakan adalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan strategi studi kasus. Secara keseluruhan hasil studi ini menunjukkan bahwa dalam proses komunikasi pemasaran pada bisnis MLM Varash, kekuatan utamanya adalah melalui word of mouth marketing yang dilakukan oleh para ibu rumah tangga baik sebagai pelaku bisnis maupun sebagai konsumen yang relatif mempunyai peran yang relatif kuat dan dapat berdampak pada aspek penjualan produk Varash di DIY. Dalam studi ini juga menunjukkan bahwa kekuatan perempuan adalah sebagai story teller yang baik dan dapat menimbulkan sentimen positif maupun negatif bagi bisnis MLM Varash.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

AKRAB

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi AKRAB adalah terbitan ilmiah berkala yang terbit dua kali setahun pada bulan Oktober dan April. Jurnal ini fokus pada bidang ilmu komunikasi dalam bentuk akumulasi pengetahuan baru, pengamatan empiris atau hasil penelitian, dan pengembangan gagasan ...