Jurnal Ilmu Komunikasi AKRAB
Vol. 9 No. 01 (2024): Desember

KAMPANYE MENINGKATKAN AWARENESS DAMPAK KRISIS LINGKUNGAN DI INSTAGRAM GREENPEACEID

Herlina, Oktafiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2025

Abstract

Greenpeace Indonesia campaign the effect of environmental destruction crisis through intagram to deliver a message of care to preserve the environment. This instagram campaign retrieved to reach massive audience besides it is a social media used by young generations. This research used to see how Greenpeace Indonesia use this account to increase public awareness to latent threats that future generations will face. This research used qualitative research with descriptive method. Research data collected through observation, documentation, and literature study. The result of the research tells instagram @Greepeaceid used for persuasive campaign about environmental crisis. The campaign used instagram features as story, carussel, and reel video. This account also apply SOME model to enclose relationship between the non-profit organisation and instagram users. It is effective to deliver information or messages to campaign the user’s awareness towards the use of renewable energy to reduce climate change effect and global warming. Keywords : Greenpeace Indonesia, instagram, environment crisis. ABSTRAK Greenpeace Indonesia mengkampanyekan dampak krisis kerusakan lingkungan melalui instagram untuk menyampaikan pesan kepedulian untuk menjaga kelestarian lingkungan. Kampanye ditujukan untuk merengkuh jangkauan audiens yang lebih luas di samping instagram merupakan media sosial yang banyak digunakan oleh generasi muda. Riset ini untuk melihat bagaimana Greenpeace Indonesia memanfaatkan akun Greenpaceid untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap ancaman laten yang akan dihadapi generasi mendatang. Riset ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data riset dikumpulkan melalui pengamatan, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah instagram @Greenpeaceid digunakan untuk melakukan kampanye persuasif. Kampanye dilakukan dengan posting story, posting informasi berbentuk carussel, dan video reel. Di samping itu, akun ini juga menerapkan model SOME; share, optimize, manage, dan engage untuk membangun hubungan erat dengan pengguna instagram. Akun ini efektif untuk menyampaikan informasi dan mengkampanyekan kesadaran pengguna terhadap penggunaan energi terbarukan untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan pemanasan global. Kata Kunci : Greenpeace Indonesia, instagram, krisis lingkungan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

AKRAB

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi AKRAB adalah terbitan ilmiah berkala yang terbit dua kali setahun pada bulan Oktober dan April. Jurnal ini fokus pada bidang ilmu komunikasi dalam bentuk akumulasi pengetahuan baru, pengamatan empiris atau hasil penelitian, dan pengembangan gagasan ...