JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Urgensi Pembelajaran Neurosains Bagi Guru dalam Menstimulasi Kecerdasan Anak Usia Dini

Felayati, Felayati (Unknown)
Rahmalia, Denny (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2025

Abstract

Sebagai upaya mengatasi ketidak tepatan dalam menstimulasi otak anak melalui pembelajaran anak usia dini pada program belajar sambil bermain. Guru sebagai pendidik anak usia dini wajib mengetahui fungsi neurosains bagi pembelajaran anak usia dini. Guru perlu merangcang dan mensinergikan pembelajaran berbasis nerosains guna memberikan stimulasi perkembangan yang sesuai dengan peserta didik PAUD. Sehingga perkembangan anak dapat menjadi optimal dan meningkatkan kecerdasan anak usia dini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pentingnya memahami pendekatan neurosains bagi guru dalam proses pembelajaran anak usai dini guna meningkatkan kecerdasan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan ialah Sudi Literatur. Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Seorang guru memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang penerapan neurosains dalam pembelajaran anak usia dini; 2) Seorang guru memiliki keterampilan menstimulasi enam aspek perkembangan anak dengan optimal dan menjadikan anak usia dini memiliki kecerdasan yang mumpuni dari enam aspek perkembangan yaitu aspek kognitif, bahasa, fisik-motorik, social-emosional, moral dan agama.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...