Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis alih kode dan campur kode serta penyebab terjadinya alih kode dan campur kode dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 3 X Koto Singkarak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik yang digunakan ialah teknik observasi, wawancara, rekam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua jenis alih kode dan tiga jenis campur kode dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 3 X Koto Singkarak. Adapun penyebab terjadinya alih kode adalah penutur, lawan tutur, hadirnya pihak ketiga, perubahan topik pembicaraan dan perubahan situasi formal ke informal. Penyebab terjadinya campur kode adalah identifikasi peran, identifikasi ragam, keinginan untuk menjelaskan dan menafsirkan, faktor penutur dan faktor bahasa. Kesimpulannya adalah jenis alih kode intern sering terjadi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 3 X Koto Singkarak.
Copyrights © 2025