JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Alih Kode dan Campur Kode pada Tuturan Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri 3 X Koto Singkarak

Azufi, Bashirah (Unknown)
Syukri, Haris (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis alih kode dan campur kode serta penyebab terjadinya alih kode dan campur kode dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 3 X Koto Singkarak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik yang digunakan ialah teknik observasi, wawancara, rekam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua jenis alih kode dan tiga jenis campur kode dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 3 X Koto Singkarak. Adapun penyebab terjadinya alih kode adalah penutur, lawan tutur, hadirnya pihak ketiga, perubahan topik pembicaraan dan perubahan situasi formal ke informal. Penyebab terjadinya campur kode adalah identifikasi peran, identifikasi ragam, keinginan untuk menjelaskan dan menafsirkan, faktor penutur dan faktor bahasa. Kesimpulannya adalah jenis alih kode intern sering terjadi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 3 X Koto Singkarak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...