JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengembangan E-Modul Ansambel Musik menggunakan Project Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar

Rivan, Fahrul (Unknown)
Desyandri, Desyandri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan menghasilkan E-Modul Ansambel Musik menggunakan Project Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research & Dvelopment) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implmentation, dan Evaluation. Data diperoleh berdasarkan angket validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Untuk data praktikalisasi data diperoleh dari angket praktikalitas respon guru dan peserta didik. Untuk efektivitas data diperoleh dari hasil penilaian pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Subjek uji coba sebanyak  22 orang peserta didik di kelas IV SDN 22 Manggung, Kecamatan Pariaman Utara dan subjek penelitian sebanyak 22 orang peserta didik di kelas IV SDN 04 Cubadak Air, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman. Berdasarkan hasil uji coba kevalidan dapat dilihat dari hasil validasi materi, bahasa, dan media dengam total persentase 93% dengan kategori sangat valid. Praktikalitas E-Modul dapat dilihat dari respon peserta didik dengan persentase  95% dan respon guru dengan persentase 96% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas memperoleh hasil persentase sebesar 92% untuk keefektivitasan e-modul dan 95% untuk keefektivitasan proyek dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahawa E-Modul Ansambel Musik menggunakan Project Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar memenuhi kelayakan kategori valid, praktis, dan efektif dalam pelaksanaan proses belajar mengajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...