Penelitian ini dilakukan bertujuan menghasilkan E-Modul Ansambel Musik menggunakan Project Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research & Dvelopment) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implmentation, dan Evaluation. Data diperoleh berdasarkan angket validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Untuk data praktikalisasi data diperoleh dari angket praktikalitas respon guru dan peserta didik. Untuk efektivitas data diperoleh dari hasil penilaian pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Subjek uji coba sebanyak 22 orang peserta didik di kelas IV SDN 22 Manggung, Kecamatan Pariaman Utara dan subjek penelitian sebanyak 22 orang peserta didik di kelas IV SDN 04 Cubadak Air, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman. Berdasarkan hasil uji coba kevalidan dapat dilihat dari hasil validasi materi, bahasa, dan media dengam total persentase 93% dengan kategori sangat valid. Praktikalitas E-Modul dapat dilihat dari respon peserta didik dengan persentase 95% dan respon guru dengan persentase 96% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas memperoleh hasil persentase sebesar 92% untuk keefektivitasan e-modul dan 95% untuk keefektivitasan proyek dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahawa E-Modul Ansambel Musik menggunakan Project Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar memenuhi kelayakan kategori valid, praktis, dan efektif dalam pelaksanaan proses belajar mengajar.
Copyrights © 2025