Penelitian ini mendeskripsikan pengalaman belajar tata rias mahasiswa Pendidikan Tari angkatan 2020 Universitas Lampung yang dapat mempengaruhi motivasi mereka dalam memulai usaha Makeup Artist (MUA). Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan dosen pengampu tata rias dan mahasiswa Pendidikan Tari 2020. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman belajar tata rias pada mahasiswa Pendidikan Tari 2020 Universitas Lampung berperan penting sebagai dasar keterampilan dan motivasi untuk berwirausaha sebagai MUA. Pengalaman ini meliputi pembelajaran awal secara otodidak, penguasaan materi makeup di perkuliahan, dan praktek langsung, difokuskan pada makeup korektif yang dianggap paling diminati dalam jasa MUA. Seluruh mahasiswa mengalami proses belajar empat fase David Kolb untuk memperdalam keterampilan dan kepercayaan diri mereka, yaitu pengalaman konkret, refleksi, konseptualisasi abstrak, dan eksperimen aktif. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi keputusan mahasiswa untuk membuka jasa MUA meliputi faktor internal seperti pendapatan, harga diri, dan perasaan senang, serta faktor eksternal seperti dukungan keluarga, lingkungan, pendidikan, dan peluang yang ada. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengalaman belajar tata rias memberikan dasar yang kuat bagi mahasiswa dalam berwirausaha di bidang tata rias, dengan dukungan dari minat pribadi dan faktor lingkungan yang positif.Kata Kunci: Pengalaman Belajar Tata Rias, Wirausaha MUA
Copyrights © 2024