Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran menggambar ilustrasi flora pada siswa kelas VII SMP PGRI Otam, Kabupaten Bolaang Mongondow. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian bertempat di SMP PGRI Otam, Kabupaten Bolaang Mongondow, dengan pelaksanaan penelitian selama tiga bulan, yaitu dari 22 Juli hingga 23 September 2024. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi langsung terhadap proses pembelajaran di kelas VII serta melalui wawancara dengan guru, siswa, dan kepala sekolah. Selain itu, dokumen dan foto-foto pendukung digunakan sebagai bahan analisis tambahan. Analisis data dilakukan secara deskriptif melalui tahap reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi memberikan dampak positif dalam pembelajaran menggambar ilustrasi flora. Metode ini memudahkan siswa dalam memahami tahapan penggunaan bahan dan alat secara sistematis, serta meningkatkan keterampilan mereka dalam menggambar. Selain itu, penerapan metode demonstrasi memungkinkan guru untuk merencanakan, menetapkan urutan kegiatan, serta memperkirakan waktu yang diperlukan dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat meniru dan mempraktikkan teknik menggambar dengan lebih efektif. Dengan demikian, metode demonstrasi terbukti sebagai strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam menggambar ilustrasi flora.
Copyrights © 2025