Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran berbasis Information and Technology (IT) dan Artificial Intelligence (AI) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Perkembangan teknologi yang pesat mendorong integrasi IT dan AI dalam dunia pendidikan guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experiment). Sampel penelitian terdiri dari siswa MI yang dibagi menjadi kelompok eksperimen yang menggunakan teknologi IT dan AI dalam pembelajaran, serta kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan observasi proses pembelajaran. Analisis data menggunakan uji statistik untuk mengukur perbedaan hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan IT dan AI dalam pembelajaran IPAS secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Selain itu, siswa yang belajar dengan teknologi AI lebih termotivasi dan menunjukkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi. Dengan demikian, integrasi IT dan AI dalam pembelajaran di MI dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di era digital
Copyrights © 2025