Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat kedisiplinan siswa kelas III SDN 8 Singkawang; (2) mendeskripsikan tingkat capaian pembelajaran di ranah kognitif sains bagi siswa kelas III SDN 8 Singkawang; (3) mengetahui korelasi antara disiplin dan hasil belajar di ranah kognitif sains bagi siswa kelas III SDN 8 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif kausal. Jumlah penduduk dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas III A dan III B dengan total 63 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 63 siswa kelas IIIA dan III B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner disiplin dan dokumentasi hasil belajar di ranah ilmu kognitif siswa SD kelas III dengan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) tingkat disiplin belajar siswa berada dalam kategori sangat baik sebesar 96,84%. Hasil ini menunjukkan bahwa sikap disiplin siswa sangat baik dalam belajar. (2) Hasil belajar ilmu kognitif siswa dapat diperoleh dengan nilai rata-rata 89,69%. Hal ini ditunjukkan pada kategori sangat baik (3) korelasi antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada ranah ilmu kognitif siswa adalah -4,107, sedangkan rtable = 0,209, ini berarti rcount < rtable atau (-4,107 <0,209) berdasarkan hasil penelitian ini tidak memiliki hubungan positif dan korelasinya sangat rendah.
Copyrights © 2025