Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks deskripsi pada siswa kelas V yang diterapkan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan model pembelajaran konvensional. (2) Model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) efektif terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri 94 Singkawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Adapun penelitian ini menggunakan populasi yang berjumlah 40 siswa yaitu siswa kelas V SD Negeri 94 Singkawang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik tes berupa tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test 2 sampel dan Effect Size berbantu Ms. Excel 2013 dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks deskripsi pada siswa kelas V yang diterapkan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan uji t-test 2 sampel diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,1208 > 2,0244 maka keputusan yang diambil yaitu, Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) efektif terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri 94 Singkawang. Berdasarkan hasil perhitungan effect size diperoleh Es (effect size) 71,20 dan masuk ke dalam kriteria “tinggi” berada pada Es > 0,80.
Copyrights © 2025