JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
Vol 10, No 1 (2025): VOLUME 10 NUMBER 1 JANUARY 2025

Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 94 Singkawang

Elma, Nesa (Unknown)
Kariadi, Dodik (Unknown)
Yanti, Lili (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks deskripsi pada siswa kelas V yang diterapkan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan model pembelajaran konvensional. (2) Model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) efektif terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri 94 Singkawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Adapun penelitian ini menggunakan populasi yang berjumlah 40 siswa yaitu siswa kelas V SD Negeri 94 Singkawang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik tes berupa tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test 2 sampel dan Effect Size berbantu Ms. Excel 2013 dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks deskripsi pada siswa kelas V yang diterapkan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan uji t-test 2 sampel diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,1208 > 2,0244 maka keputusan yang diambil yaitu, Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) efektif terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri 94 Singkawang. Berdasarkan hasil perhitungan effect size diperoleh Es (effect size) 71,20 dan masuk ke dalam kriteria “tinggi” berada pada Es > 0,80.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPDI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN : 2477-8435 and p-ISSN 2477-5940 published by Institute for Managing and Publishing Scientific Journals at STKIP Singkawang, Indonesia in 2015. In Last 2016 Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia has built ...