Cakrawala Indonesia
Vol 9 No 2 (2024): Nopember-April

Peningkatan Keterampilan Menyimak Teks Biografi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Maros

Jamal, Nurfadillah (Unknown)
Marwiah, Marwiah (Unknown)
Razak, Nurkhadijah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peningkatan keterampilan menyimak teks biografi melalui model pembelajaran Problem based Learning pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Maros Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilakukan dalam empat kali pertemuan. Data dikumpulkan dari wawancara guru dan nilai hasil belajar dari 35 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem based Learning berdampak positif dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran menyimak. Nilai keterampilan menyimak siswa berhasil dan meningkat setiap siklus. Rata-rata nilai siswa pada siklus I sebesar 59,46, meningkat menjadi 88,20 pada siklus II, dengan persentase peningkatan sebesar 28,74%. Berdasarkan temuan ini, direkomendasikan penggunaan model Problem based Learning dalam pembelajaran menyimak karena terbukti efektif dan berguna bagi pendidik dan peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Linguistics; phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis. Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other ...