Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 10 No 2 (2025): Edisi Mei 2025

Pedagogik Multiliterasi: Paradigma Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum Merdeka

Winangsih, Santi (Unknown)
Herlambang, Yusuf Tri (Unknown)
Muhtar, Tatang (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2025

Abstract

Dewasa ini dimana teknologi beriringan dengan kemajuan zaman, tantangan krusial terhadap dunia pendidikan yaitu bagaimana mengaitkan kurikulum terhadap kebutuhan zaman dengan perkembangannya. Pedagogik multiliterasi diharapkan dapat menjadi pandangan baru untuk mengatasi tuntutan zaman di era abad 21. Tujuan dari penelitian yaitu mengkaji dengan komperhenship serta kritis dengan mengaitkan teori relevan terhadap hadirnya pedagogik multiliterasi untuk pembelajaran yang berbasis Kurikulum Merdeka serta menjawab tantangan atau tuntutan zaman. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menggunakan teknik dalam menghimpun informasi serta referensi dengan topik yang dibahas dari suatu penelitian. Penelitian ini menghasilkan bahwa pedagogik multiliterasi diniliai sangat relevan dalam mendorong keterampilan high order thingking skill, dengan berpikir kritis serta pemecahan masalah yang kompleks, dan mampu meningkatkan literasi digital, kreativitas, ataupun kolaborasi, hal ini sangat fundamental sekali di perkembangan abad 21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...