Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 10 No 2 (2025): Edisi Mei 2025

Reorientasi Pendidikan Karakter dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045: Sebuah Tinjauan dalam Perspektif Pedagogik Kritis

Saripah, Nati (Unknown)
Herlambang, Yusuf Tri (Unknown)
Muhtar, Tatang (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2025

Abstract

Dalam mencapai tujuan Indonesia Emas 2045, tidak hanya kemajuan ekonomi yang menjadi fokus utama, tetapi juga pembangunan karakter yang kuat dan berintegritas. fundamental dari pendidikan karakter untuk generasi emas Indonesia menjadi dambaan dalam perubahan menuju jalan keberhasilan pendidikan yang ada Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah meninjau dalam perspektif pedagogik kritis mengenai pentingnya reorientasi pendidikan karakter untuk menuju Indonesia emas 2045. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur adalah suatu teknik penelitian yang didasarkan pada pengumpulan data dari literatur-literatur yang relevan dengan topik penelitian, kemudian menganalisis dan menafsirkannya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang topik tersebut. Hasil dari pembahasan dari penelitian ini adalah tantangan-tangan dekadensi karakter yang dihadapi bangsa Indonesia untuk menuju Indonesia emas 2045, korelasi Indonesia emas 2045 dengan pedagogik kritis, dan bagaimana manusia Indonesia masa depan yang didambakan. Dengan memperkuat nilai-nilai karakter melalui pendekatan yang kritis dan inklusif, diharapkan generasi masa depan akan menjadi agen perubahan yang berkontribusi positif terhadap kemajuan bangsa dan mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang maju dan beradab pada tahun 2045.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...