Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

PENINGKATAN BRAND AWARENESS USAHA KULINER MELALUI STORY TELLING DAN TESTIMONI PEMBELI

Saida, Aryani (Unknown)
Nurhayati, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan brand awareness usaha kuliner Warung Tuman di BSD melalui strategi storytelling dan testimoni pembeli. Dalam era digital saat ini, brand awareness menjadi kunci dalam menarik minat konsumen dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mix methods), dengan melakukan penyebaran kuesioner terbuka dan tertutup dari storytelling dan konten testimoni pembeli yang dipublikasikan di berbagai platform media sosial, selain itu dilakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa storytelling yang efektif, yang mengedepankan nilai-nilai lokal dan pengalaman unik dalam penyajian kuliner, mampu menarik perhatian konsumen baru. Selain itu, testimoni positif dari pembeli berfungsi sebagai alat pemasaran yang kredibel, meningkatkan kepercayaan dan minat beli. Secara keseluruhan, kombinasi antara storytelling dan testimoni telah berhasil meningkatkan brand awareness Warung Tuman, menjadikannya lebih dikenal di kalangan masyarakat sekitar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang berbasis cerita dan pengalaman pelanggan dapat meningkatkan brand awareness, dan akan berguna juga membangun hubungan yang lebih kuat antara pemilik usaha kuliner dan konsumennya. Rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut mencakup eksplorasi teknik pemasaran lainnya yang dapat diintegrasikan untuk mempertahankan pertumbuhan brand awareness yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...