Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PERSEPSI KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK (PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PAINAN)

M, Husnul Khatimah (Unknown)
Putra , Fuaddillah (Unknown)
Wae, Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena mengenai kedisiplinan belajar peserta didik yang masih mengerjakan tugas rumah di sekolah, dan peserta didik yang sering keluar masuk saat PBM berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Gambaran persepsi kedisiplinan belajar peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok, 2) gambaran persepsi kedisiplinan belajar peserta didik sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok,  3) Efektivitas persepsi peserta didik sebelum dan sesudah dilakukan bimbingan kelompok untuk meningkatkan persepsi kedisiplinan belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest and Posttets. Dengan jumlah populasi 28 orang dan sampel 10 orang, sedangkan teknik pengambilan sampelnya dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu skala likert, sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis uji t. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Gambaran persepsi sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan persepsi kedisiplinan belajar berada pada kategori tinggi, 2) Gambaran persepsi sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan persepsi kedisiplinan belajar berada pada kategori sangat tinggi, 3) Terdapatnya perbedaan persepsi peserta didik sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan persepsi kedisiplinan belajar peserta didik. Hasil Penelitian ini direkomendasikan kepada Guru BK agar bisa memberikan layanan bimbingan konseling khususnya pada layanan bimbingan kelompok.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...