Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PBL (problem based learning) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 3 Ambon. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis desain eksperimen murni (true experiment design). Model eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 3 Ambon dimana kelas X IPA³ sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen dengan rata-rata nilai sebesar 80,06, sedangkan untuk kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai sebesar 67,46, dengan demikian terdapat perbedaan antara model PBL dan model pembelajaran konvensional yang signifikan, yang dibuktikan dengan hasil uji-t sig 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) yang diterapkan efektif terhadap hasil belajar kimia siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023