Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika
Vol. 3 No. 1 (2025): Juni

Strategi Manajemen Penyiaran Radio Gen FM Surabaya Dalam Menghadapi Persaingan Informasi Digital

Ananda D, Dheraya (Unknown)
Anggraeni, Arinda A (Unknown)
Letlora, Vizenchia Millian (Unknown)
Ramadhani, Anjar (Unknown)
Kusmayati, Nindya Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2025

Abstract

Industri penyiaran, termasuk radio swasta Indonesia, telah mengalami transformasi besar sebagai akibat dari perkembangan teknologi. Di tengah munculnya platform digital seperti media sosial, podcast, dan layanan streaming musik, beberapa radio mungkin akan mengalami kesulitan dalam mempertahankan para pendengarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat strategi manajemen penyiaran yang digunakan oleh Radio Gen FM Surabaya dalam menghadapi persaingan di era digital. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif dan data dikumpulkan melalui observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen penyiaran di Radio Gen FM Surabaya terdiri dari empat aspek utama: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan. Pada tahap perencanaan, Gen FM memprioritaskan pengelolaan konten yang sesuai dengan preferensi audiens. Ini dilakukan dengan mengorganisasikan tim manajemen, tim produksi, dan tim penyiar secara efektif. Proses penggerakan mencakup komunikasi internal, motivasi, dan memberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi. Studi ini menemukan bahwa kunci keberhasilan Radio Gen FM Surabaya yaitu bersaing dengan platform digital dalam inovasi pengelolaan program siaran, penerapan strategi berbasis data, dan penggunaan media sosial untuk berinteraksi dengan audiens. Hasil yang diinginkan mengenai strategi manajemen penyiaran adalah untuk menemukan dan menjelaskan bagaimana radio tersebut menangani tantangan di era digital, seperti mengembangkan strategi manajemen yang inovatif, perencanaan program yang efektif, pengorganisasian yang efisien, gerakan tim yang baik, dan pengawasan dan evaluasi yang berkelanjutan. Hasil ini menunjukkan bahwa Radio Gen FM dapat terus menarik audiens, terutama generasi muda, dan mempertahankan posisinya di industri penyiaran yang semakin kompetitif.   The broadcasting industry, including private Indonesian radio, has undergone significant transformation due to technological advancements. Amid the emergence of digital platforms such as social media, podcasts, and music streaming services, some radio stations may struggle to retain their listeners. The purpose of this research is to examine the broadcasting management strategies used by Radio Gen FM Surabaya in facing competition in the digital era. This research was conducted using a descriptive qualitative approach, and data were collected through observation and literature study. The research results show that the broadcasting management at Radio Gen FM Surabaya consists of four main aspects: planning, organizing, actuating, and controlling. At the planning stage, Gen FM prioritizes content management that aligns with audience preferences. This is done by effectively organizing the management team, production team, and broadcasting team. The mobilization process includes internal communication, motivation, and rewarding high-performing employees. This study found that the key to the success of Radio Gen FM Surabaya is competing with digital platforms in broadcasting program management innovation, implementing data-driven strategies, and using social media to interact with the audience. The desired outcome regarding the broadcasting management strategy to discover and explain how the radio station addresses challenges in the digital era, such as developing innovative management strategies, effective program planning, efficient organization, good team movement, and continuous monitoring and evaluation. These results indicate that Radio Gen FM can continue to attract audiences, especially the younger generation, and maintain its position in the increasingly competitive broadcasting industry.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jeba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika adalah jurnal yang diterbitkan oleh Antartika Media Indonesia yang berfokus pada penerbitan artikel ilmiah pada bidang ilmu ekonomi, bisnis, dan manajemen meliputi manajemen bisnis, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, dan ...