Responsive: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora dan Kebijakan Publik
Vol 7, No 4 (2024): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan

HUBUNGAN KAPITAL SOSIAL DENGAN PENCAPAIAN TUJUAN PERUSAHAAN PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH AL- IHSAN

Firsanty, Farah Putri (Unknown)
Jatnika, Dyana Chusnullita (Unknown)
Fitriana, Queena Azra (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2025

Abstract

Bank merupakan mitra yang memiliki peran vital dan penggerak dalam pembangunan sistem perekonomian dan keuangan di Indonesia. Penelitian ini melihat bagaimana hubungan kapital sosial dengan pencapaian tujuan perusahaan menggunakan teori kapital sosial dari James Coleman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanatori. Dalam mencapai tujuan perusahaan, diperlukan kapital sosial yang terdiri dari tiga hal yaitu kepercayaan, norma, dan jaringan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa peran kapital sosial dalam pencapaian tujuan perusahaan cukup krusial dan memiliki hubungan yang erat. Kapital sosial merupakan sebuah aset dalam kehidupan bermasyarakat agar sebuah aturan maupun tujuan dari sebuah usaha dapat terjalin dengan baik. Hasil penelitian menjelaskan terdapat hubungan yang erat antara kapital sosial dengan pencapaian tujuan perusahaan PT. Bank Predikat Rakyat Syariah Al-Ihsan. Berdasarkan hasil P-value, total X1 (Kepercayaan) dengan total Y (Tujuan Perusahaan) linear hubungannya dengan p- value 0.478 > 0.05. hasil P-value antara total X2 (Norma) dengan total Y (Tujuan Perusahaan) linear hubungannya dengan p- value 0.451 > 0.05. Hasil P-value antara total X3 (Jaringan Sosial) dengan total Y (Tujuan Perusahaan) dianggap linear hubungannya dengan p-value 0.569 > 0.05. Kapital sosial sebagaimana aspek yang menganut tiga nilai utamanya yaitu kepercayaan, norma, dan jaringan sosial, memiliki hubungan terhadap pencapaian tujuan perusahaan di PT. BPRS Al-Ihsan. Banks are partners that have a vital role and driving force in the development of the economic and financial system in Indonesia. This study examines the relationship between social capital and the achievement of corporate goals using James Coleman's social capital theory. This study uses an explanatory quantitative research method. In achieving corporate goals, social capital is needed which consists of three things, namely trust, norms, and networks. The results of the study show that the role of social capital in achieving corporate goals is quite crucial and has a close relationship. Social capital is an asset in community life so that a rule or goal of a business can be established properly. The results of the study explain that there is a close relationship between social capital and the achievement of corporate goals of PT. Bank Predikat Rakyat Syariah Al-Ihsan. Based on the results of the P-value, the total X1 (Trust) with the total Y (Company Goals) is linearly related with a p-value of 0.478> 0.05. The results of the P-value between the total X2 (Norms) with the total Y (Company Goals) are linearly related with a p-value of 0.451> 0.05. The P-value result between the total X3 (Social Network) and the total Y (Company Objectives) is considered linearly related with a p-value of 0.569 > 0.05. Social capital as an aspect that adheres to its three main values, namely trust, norms, and social networks, has a relationship to the achievement of company objectives at PT. BPRS Al-Ihsan.

Copyrights © 2024