Pemasaran menjadi salah satu aspek krusial di era transformasi digital saat ini, yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Oleh karena itu, kegiatan pemberdayaan UMKM ini bertujuan mendorong para pelaku UMKM, khususnya pada UMKM Agri Tepa Abadi untuk menerapkan digital marketing dalam strategi pemasarannya. Metode yang digunakan dalam kegiatan pemberdayaan UMKM ini adalah dengan Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara yang mendalam sebagai alat untuk pengumpulan data. Hasil kegiatan pemberdayaan UMKM ini menunjukan bahwa UMKM Agri Tepa Abadi memiliki keinginan untuk menerapkan digital marketing sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan, terutama dalam memanfaatkan website, social media marketing, iklan secara online, search engine dan email marketing. Pemanfaatan digital marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penjualan UMKM Agri Tepa Abadi, meskipun kendala yang sering dihadapi seperti sumber daya manusia yang kurang memahami dalam penggunaan digital marketing yang masih menjadi masalah. Oleh karena itu UMKM Agri Tepa Abadi harus memberikan pelatihan dan perhatian khusus terhadap faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas digital marketing. Penulis berharap kegiatan Pemberdayaan UMKM ini bisa menjadi rekomendasi kepada pelaku UMKM, khususnya UMKM Agri Tepa Abadi dalam pemanfaatan digital marketing untuk meningkatkan penjualan dan efesiensikan biaya serta memperluas jangkauan pasar UMKM Agri Tepa Abadi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025