Permasalahan yang ditemukan dikelas X TKJ 2 SMK Negeri 3 Panyabungan adalah rendahnyahasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis, siswa kurang semangat mengikuti pembelajaran, guru masih menggunkan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran project based learning dikelas X TKJ 2 pada mata pelajaran dasar desain grafis, mendeskripsikan hasil belajar dikelas X TKJ 2 pada mata pelajaran dasar desain grafis sebelum dan sesudah menggunakan model PjBL, melihat pengaruh penggunaan model PjBL terhadap hasil belajar dikelas X TKJ 2 pada mata pelajaran dasar desain grafis. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Berdasarkan hasil lembar observasi guru saat implementasi model PjBL nilai rata-rata observasi guru yaitu 75 yang termasuk dalam kategori ”Baik”. Dan hasil lembar observasi siswa pada saat implementasi model PjBL nilai rata-rata observasi siswa yaitu 64 yang termasuk dalam kategori ”cukup”. Danhasil pretestsiswamendapat nilai rata-rata 45,34 berada pada kategori "Rendah". Danhasil posttest siswa mendapat nilai rata-rata 79,14 berada pada kategori "Tinggi". Agar diketahui hipotesis diterima atau ditolak, maka analisis data menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil perhitungan dari uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 15,36, dengan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Artinya bahwa hipotesis dapat diterima atau disetujui kebenarannya.
Copyrights © 2025