Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan satu model inovasi ekonomi kreatif berbasis digital bagi UKM dalam menembus pasar ekspor. Penelitian ini perlu dilakukan untuk memberikan gambaran bagi UKM bagaimana Langkah yang harus ditempuh dalam memasarkan produknya ke mancanegara diera digital saat ini. Penelitian ini dilakukan di Yogyakarta dengan sampel penelitian berjumlah 160 responden. Responden dalam penelitian ini adalah pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dari berbagai bidang usaha seperti kuliner, fesyen, kerajinan, jasa, dan lain-lain.  Responden adalah pelaku usaha yang menjalankan usahanya dengan mengembangkan inovasi dunia digital melalui e-commerce. Selain itu mereka adalah pelaku usaha yang memiliki keinginan dan harapan untuk dapat menembus pasar ekspor. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini memiliki tujuan dalam pengembangan model ekonomi kreatif guna mendukung UKM go global melalui digital. Desain penelitian adalah nonprobability sampling dan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampelnya. Metode analisis data penelitian menggunakan PLS SEM, penelitian ini menguji variabel Digital Technology Adoption, Digital Marketing, E-Commerce, Innovation dan Export. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa model temuan penelitian memberikan hubungan saling pengaruh positif signifikan dari 5 hipotesis penelitian.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024