Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari ecomic berbasis Realistics Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan utama analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-B SLB Negeri Jepara dengan sampel berjumlah 7 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian ini adalah produk e-comic berbasis RME yang berada pada kategori sangat valid dengan persentase 91% dari validator materi dan 85% dari validator media. Produk e-comic berbasis RME juga berada pada kategori sangat praktis dengan persentase 89% berdasarkan respon siswa. Kemudian produk e-comic berbasis RME juga dinyatakan efektif dengan adanya perbedaan uji rata-rata pada hasil pre-test dan post-test, serta terdapat peningkatan nilai pre-test dan post-test dengan skor N-Gain 0,5485 yang termasuk dalam kategori sedang. Selanjutnya, produk perlu dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan materi, soal, jenis aplikasi, serta lebih difokuskan pada kemampuan komunikasi matematis.
Copyrights © 2024