Najwa
Vol. 2 No. 2 (2024): November

Menjadi Asik Tanpa Mengusik: Mencegah Bullying Melalui Moderasi Beragama

Mu’awanah (Unknown)
Arosy, Hesa Nizar (Unknown)
Roqim, Muhammad (Unknown)
Purnomo, Adella Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Bullying atau perundungan merupakan sebuah kasus yang kian meresahkan di Indonesia, khususnya dalam dunia Pendidikan. Bullying termasuk dalam kategori kekerasan terhadap anak, dan maraknya aduan di Jawa Timur mengindikasikan bahwa provinsi ini menjadi salah satu daerah dengan tingkat bullying yang tinggi. Bullying marak terjadi di lingkungan pendidikan bukan hanya terjadi di sekolah umum tetapi juga di lembaga pendidikan Islam seperti pondok pesantren. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa SMP Islam As-Shidiq tentang moderasi beragama serta sosialisasi anti-bullying di SMP Islam As Shidiq. Pengabdian ini menggunakan metode Parcipatory Action Research (PAR). Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2024 di SMP Islam As-Shidiq. Peserta yang mengikuti kegitan ini seluruh siswa kelas VII SMP Islam As-Shidiq yang berjumlah 20 siswa. hasilnya peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi. Mereka aktif bertanya dan terlibat dalam diskusi yang difasilitasi oleh pemateri. kesimpulannya setelah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan tersebut maka aktivitas siswa di SMP Islam As-Shidiq menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan untuk mengenali berbagai bentuk bullying, memahami dampak negatifnya, serta menerapkan nilai-nilai moderasi dalam interaksi sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

najwa

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences Other

Description

Focus and Scope of Articles published in Najwa: Journal of Research-based Community Service such as Participatory Action Research (PAR), Asset-based Community Development (ABCD), Asset-Based Community Development, Community-Based Research, Service Learning, Community Development, Training and ...