Dalam bisnis cafe yang kompetitif, pemimpin dihadapkan pada tantangan untuk menciptakan lingkungankerja yang mendukung sekaligus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Penerapan kepemimpinanberbasis pelayanan sangat penting untuk meningkatkan motivasi karyawan, memperbaiki kepuasanpelanggan, dan mendukung keberlanjutan bisnis cafe. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapankepemimpinan pelayanan dalam bisnis cafe guna membangun budaya kekeluargaan yang dapatmeningkatkan motivasi karyawan dan kualitas pelayanan. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasitantangan dalam implementasi kepemimpinan pelayanan serta memberikan rekomendasi untukmenciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif dan berfokus pada kepuasan pelanggan. Penelitian inimenggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di sebuah cafe di daerah Bandung,pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung di café daerah bandung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025