Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB)
Vol. 2 No. 3 (2025): Januari

Pemimpin Pelayanan dalam Bisnis Cafe : Menciptakan Budaya Kekeluargaan yang Inspiratif

Nida Fitriyani (Unknown)
Silmi Oktapiani (Unknown)
Abdul Rasyid (Unknown)
Rendi Oktora (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2025

Abstract

Dalam bisnis cafe yang kompetitif, pemimpin dihadapkan pada tantangan untuk menciptakan lingkungankerja yang mendukung sekaligus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Penerapan kepemimpinanberbasis pelayanan sangat penting untuk meningkatkan motivasi karyawan, memperbaiki kepuasanpelanggan, dan mendukung keberlanjutan bisnis cafe. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapankepemimpinan pelayanan dalam bisnis cafe guna membangun budaya kekeluargaan yang dapatmeningkatkan motivasi karyawan dan kualitas pelayanan. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasitantangan dalam implementasi kepemimpinan pelayanan serta memberikan rekomendasi untukmenciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif dan berfokus pada kepuasan pelanggan. Penelitian inimenggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di sebuah cafe di daerah Bandung,pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung di café daerah bandung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jemb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB) adalah Jurnal manajemen dan bisnis menyediakan forum bagi Mahasiswa dan Dosen untuk mengeksplorasi masalah dan merefleksikan penelitian kuantitatif. Memuat artikel dibidang ekonomi khususnya ilmu manajemen, yang meliputi manajemen keuangan, manajemen ...