Indonesia merupakan negara yang mempunyai kekayaan laut terbesar di dunia, namun belum mampu memaksimalkan pengelolaan dan pengolahannnya. Berdasarkan data dan studi pendahuluan di industry ukm pengolahan ikan laut Bontang Koala, terlihat masih rendahnya jiwa kewirausahaan dan belum optimalnya pemasaran yang dilakukan oleh para ukm, untuk itu pengabdian dilakukan untuk pendampingan manajerial dan pemasaran para ukm pengolah ikan laut di Bontang Koala, Kalimantan Timur. Metode yang dilakukan adalah service learning. Hasil identifikasi, dengan responden atau peserta 60 orang, dimana rata rata ukm belum melakukan manajerial dengan baik dan benar, hanya 15% yang sudah melakukan manajerial yang baik dan benar seperti pembukuan dan inovasi produk. Sedangkan ukm yang sudah melakukan proses pemasaran online baru 58%, itu pun bukan dengan platform e-commerce, hanya menggunakan platform media social seperti Instagram, Tik Tok ataupun Facebook. Sisanya masih menggunakan cara konvensional atau tradisional. Kegiatan ini telah memberi pemahaman cara menjadi wirausahawan melalui manajerial yang baik dan benar, serta memberi pemahaman tentang pengunaan platform media online untuk pemasaran.
Copyrights © 2024