Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan Tahap sebagai berikut perencanaan (planning), desain (design) dan pengembangan (develop) Pengembangan media video pembelajaran telah melalui tahap identifikasi kebutuhan siswa, Berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan siswa proses pembelajaran Matematika yaitu sistem Garis dan Sudut berada pada kualifikasi cukup baik, pada hasil identifikasi kebutuhan media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik dan pada hasil identifikasi materi kebutuhan belajar mata pelajaran Matematika berada pada kualifikasi baik. Media video pembelajaran ini sangat dibutuhkan pada sekolah SMP Islam Donomulyo. Hasil deskripsi data penilaian oleh validator media terhadap media video pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik ini dikategorikan sangat baik, dan hasil deskripsi data penilaian oleh validator ahli isi terhadap media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik ini dikategorikan sangat baik. Hasil uji coba menunjukan bahwa produk yang dilengkapi dengan aspek kepraktisan yang ditunjukan kepada guru dan siswa dikategorikan sangat praktis. Jadi Tingkat validitas media video pembelajaran ini dikategori sangat valid. Dan tingkat kepraktisan media video pembelajaran ini dikategorikan sangat baik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024