JUKESHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2024): Edisi Juli 2024

Pelatihan Teknik Pemasaran Online di IKM T.A Rezeki Kelurahan Simpang Selayang Kecamatan Medan Tuntungan Kota Medan

Paramitha, Ratih (Unknown)
Simanjuntak, Andreas Rumata (Unknown)
Marfitania, Taranipa (Unknown)
Rachmi Hidayani, Tengku (Unknown)
Hanief, Said (Unknown)
Januarti, Ria (Unknown)
Hutabarat, Alpan (Unknown)
Salim P. Siregar, Emil (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan tentang Teknik pemanfaatan media online sebagai sarana pemasaran hasil produksi di IKM T,A Rezeki Kelurahan Simpang Selayang Kecamatan Medan Tuntungan Kota Medan dengan harapan dapat memperluas area pemasaran yang akan memberikan imbas terhadap peningkatan omset. Adapun masalah yang dimiliki oleh mitra adalah kurangnya kemampuan serta pengelolaan manajemen usaha mitra masih terbatas, terutama dalam memperkenalkan produk unggulannya ke khalayak sasaran pasar mereka yang lebih luas lagi melalui kegiatan promosi yang tepat sasaran baik secara offline maupun online Kegiatan ini menggunakan metode pendekatan kontektual yaitu memberikan materi teori terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan workshop langsung mengunggah produk-produk yang dihasilkan oleh IKM T.A Rezeki yang merupakan pelaku usaha. Lalu dilanjutkan dengan metode pengarahan teknik pemasaran online dan pendampingan usaha. Metode ini langsung dipraktikkan oleh instruktur dengan mitra agar mitra dapat langsung memahami aplikasi-aplikasi marketplace dan pendampingan dalam pengembangan pengetahuan dan kemampuan untuk mengakses marketplace secara online, serta memfasilitasi kegiatan promosi melalui media online (e-commerce dan social media). Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta pengabdian sangat tertarik mengikuti pelatihan- pelatihan semacam ini karena sangat merasa terbantu dalam memanfaatkan media online sebagai sarana pemasaran hasil produksi yang sudah berkembang pesat dewasa ini. Adanya optimalisasi kinerja melalui peningkatan daya kreativitas dan inovasi SDM, yaitu melalui pemahaman konsep startegi pemasaran, terutama melalui kemampuan pemasaran online, sehingga mitra mampu memperkenalkan produk usaha lebih luas lagi dan menciptakan sebuah destination branding melalui media online.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jukeshum

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Nursing Public Health Social Sciences

Description

JUKESHUM merupakan Jurnal Pengabdian Masyarakat yaitu jurnal ilmiah berbasis open-access yang dikelola dan diterbitkan oleh Universitas Haji Sumatera Utara (UNHAJ). Jurnal JUKESHUM mempublikasikan hasil-hasil pengabdian masyarakat yang berbasis riset dengan ruang lingkup kesehatan, sosial dan ...