Latar belakang penelitian ini adalah masalah kesulitan siswa dalam mempelajari mufrodat (kosa kata). Siswa kurang fokus saat belajar dan kurang menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar pembelajaran bahasa Arab, sehingga kemampuan menghafal mufrodat rendah. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk menggunakan media gambar. Rumusan masalah penelitian ini adalah: “Apakah penggunaan media gambar meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab pada siswa kelas B TAUD SAQU Sumenep?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa kelas B. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas B yang berjumlah 17 siswa dan dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama penelitian tindakan kelas dijelaskan bahwa: pada prasiklus dari 17 siswa, siswa yang memiliki nilai tuntas adalah 6 (35,29%), sedangkan yang memiliki nilai tidak tuntas adalah 11 (64,71%). Siklus I bertambah 17 siswa, dengan nilai tuntas 11 (64,71%) dan nilai tidak tuntas 6 (35,29%). Siklus II bertambah dari 17 siswa, dengan nilai tuntas 14 (82,35) dan nilai tidak tuntas 3 (17,65%). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas B TAUD SAQU Sumenep.
Copyrights © 2023