Online shop merupakan kemudahan dalam gaya hidup seluruh masyarakat yang bisa dicapai melalui internet, namun disamping kemudahan yang didapatkan dengan adanya bisnis online shop, banyak pula para penjual yang sering mengabaikan etika yang ada dengan melakukan pelanggaran yang merugikan dirinya sendiri maupun orang disekitarnya. Ketidaksesuaian etika dalam berbisnis ini dapat menyebabkan ketidakpuasan dari konsumen, sehingga perlu diterapkannya sebuah etika dalam berbisnis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan etika bisnis serta bagaimana pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen pada online shop Hedwig diLabuan Bajo. Dalam pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan wawancara, dimana konsumennya yakni orang yang penah berbelanja di Hedwig online shop dijadikan sebagai sumber dan teknik observasi. Selanjutnya pada tahap penemuan, diketahui bahwa peranan etika bisnis dalam online shop sangat berpengaruh, karena merupakan pendorong utama untuk memajukan sebuah perusahaan, hal ini terbukti dari beberapa etika yang diterapkan, seperti: transparansi dalam informasi produk dan harga, selalu bersikap ramah kepada pembeli atau konsumen, menjawab semua pertanyaan yang diajukan konsumen atau pembeli, menjaga keamanan dan privasi data pelanggan, dan packing barang dengan rapi. Maka dari itu, penerapan etika dalam berbisnis pada online shop sangatlah penting guna terciptanya suatu kepuasan pada diri konsumen.
Copyrights © 2023