Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan penyampaian ide dan solusi matematika secara lisan atau tulisan dengan menggunakan angka, simbol aljabar, serta secara visual dengan menggunakan gambar, diagram, tabel, grafik dan benda nyata. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis. Salah satunya adalah gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan gaya belajar. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada salah satu SMP di Kabupaten Ciamis. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa yaitu satu siswa dengan gaya belajar visual, satu siswa dengan gaya belajara auditori dan satu siswa dengan gaya belajar kinestetik. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket gaya belajar, soal tes kemampuan komunikasi matematis, dan wawancara. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa siswa dengan gaya bejara visual memiliki kemampuan komunikasi matematis kategori tinggi. Siswa dengan gaya belajar auditori memiliki kemampuan komunikasi matematis kategori rendah dan siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan komunikasi matematis kategori sedang.
Copyrights © 2022