Pemahaman konsep matematis merupakan tujuan yang harus dicapai dalam pembelajaran matematika Namun, pemahaman konsep matematis siswa di Indonesia masih tergolong rendah Penelitian ini merupakan penelitian yang memberikan informasi mengenai upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model konvensional dan untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran dengan model kooperatif tipe TTW. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di kota Cimahi dengan dua kelas yang ditetapkan secara sengaja sebagai sampel. Adapun data penelitian diperoleh dari instrumen tes dan instrumen non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Kemudian peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Selain itu, respons siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW menunjukkan hasil positif, yang ditandai dengan siswa semangat belajar, percaya diri untuk berpendapat, mampu menambah pemahaman saat ada siswa yang berbeda penyelesaian masalah, dan mampu mempresentasikan hasil kerjanya dengan penuh percaya diri meskipun diperhatikan oleh guru dan siswa yang lain.
Copyrights © 2020