Kecemasan terhadap matematika dapat ditemukan di semua jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait kecemasan matematika dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan semua artikel yang memiliki penelitian sejenis dalam laporan penelitian ini. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 98 artikel yang diterbitkan pada periode 2014 – 2022. Penelitian dilakukan pada semua jenjang pendidikan. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa (1) kecemasan matematika dapat terjadi pada berbagai aspek pembelajaran matematika, seperti (a) kompetensi matematika, (b) media dan alat pembelajaran, (c) pendekatan dan metode pembelajaran, (d) perbedaan jenis kelamin, dan adanya (e) kategori kecemasan matematika, (2) melalui penelitian SLR ini ditemukan adanya peningkatan penelitian kecemasan matematika dalam pembelajaran matematika.Kata Kunci: Kecemasan Matematis, Systematic Literature Review, Pembelajaran Matematika
Copyrights © 2023