Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan potensi ekowisata Desa Tabo-Tabo melalui optimasi konsep Community Based Tourism (CBT) dan penguatan kewirausahaan masyarakat. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, pelatihan, workshop, pendampingan, dan monitoring. Fokus kegiatan adalah pada peningkatan keterampilan manajemen produksi, perencanaan bisnis menggunakan Business Model Canvas (BMC), pemasaran digital melalui media sosial dan marketplace, serta membangun branding. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman masyarakat terkait manajemen usaha, pemasaran digital, serta branding dan desain kemasan produk lokal. Produk lokal Desa Tabo-Tabo kini dapat dijangkau oleh pasar yang lebih luas melalui platform digital sehingga dapat meningkatkan potensi ekonomi masyarakat. Keberlanjutan program dipastikan melalui monitoring dan pendampingan pasca pelatihan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025