JPEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2022): JPEMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Sosialisasi Pemanfaatan Layanan Digital Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Di Puskesmas Banjarmasin Indah

Purwanti, Sri (Unknown)
Diaty, Rima (Unknown)
Laily, Rien (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Pengabdian masyarakt ini bertujuan untuk dapat memberikan informasi/pengetahuan kepada masyarakat agar memudahkan akses masyarakat pengguna Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Berdasarkan fakta dilapangan pengabddian ini pula untuk mengurangi mobilitas masyarakat untuk keluar rumah dalam kegiatan penyuluhan ini menggunakan berbagai macam metode yaitu metode ceramah, Tanya jawab, diskusi dan praktik. Materi yang disampaikan adalah macam-macam fitur yang ada di aplikasi tersebut dan bagaimana kegunaannya serta manfaat apabila mengguanakan aplikasi Mobile JKN. Setelah materi selesai disampaikan masyarakat diajak untuk langsung mempraktikkannya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini terutama bagi pengguna BPJS sangat bermanfaat sekali untuk masyarakat yang ada di wilayah kerja Puskesmas Banjarmasi Indah. Setelah mengikuti kegiatan ini pengetahuan masyarakat tentang penggunaan aplikasi meningkat dan mereka antusias untuk dapat aplikasi tersebut. Penyuluhan berjalan lancar dan masyarakat sangat antusias sekali mengikuti kegiatan dengan adanya peningkatan pengetahuan yang terlihat dari hasil nilai dari pretest dan posttest yang telah diisi peserta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdicurio

Publisher

Subject

Humanities

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat [Online ISSN : 2963-0401] merupakan jurnal yang memuat artikel kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, guru, dosen dan reviewer ...