Jenis pengabdian ini adalah hasil penelitian eksperimen, di mana terdapat dua kelompok kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi yakni siswa kelas X SMAN 1 Hulu Sungai Utara yang berjumlah 191 orang peseta didik yang terbagi menjadi 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XC (kelas eksperimen) dan kelas XD (kelas kontrol). Kegiatan ini merupakan implementasi dari hasil penelitian tersebut. Secara teori, rancangan yang digunakan adalah The Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil evaluasi perhitungan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis inquiry dan group investigasi dengan setting lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar produk dan proses peserta didik. Peneliti memberikan beberapa rekomendasi yakni (1) bagi guru dapat menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar peserta didik. (2) Dalam melakukan pembelajaran hendaknya guru benar-benar mempersiapkan dan mengelola waktu pembelajaran dengan sebaik-baiknya, mengingat pembelajaran berbasis inquiry dan group investigasi dengan setting lingkungan sebagai sumber belajar ini berpusat pada peserta didik sehingga menuntut manajemen waktu yang baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024