Peran laboratorium dalam kesehatan, terutama dalam diagnosis, penilaian risiko penyakit, dan pemantauan perkembangan penyakit pasien, sangat lah vital. Kecepatan pelayanan laboratorium merupakan salah satu faktor krusial yang memengaruhi pelayanan kesehatan di rumah sakit. Jika tidak optimal, dapat berdampak negatif pada layanan rumah sakit. Oleh karena itu, diperlukan penerapan Lean Six Sigma untuk meningkatkan efektivitas pelayanan laboratorium di Rumah Sakit. Metode: menggunakan pendekatan kajian literature review dengan Tujuan: mengetahui penerapan lean six sigma di laboratorium sebagai upaya untuk mengoptimalkan pelayanan rumah sakit. Simpulan: penerapan LSS pada pelayanan laboratorium RS menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam terciptanya pelayanan laboratorium yang bermutu hal ini dilihat dari metode six sigma digunakan sebagai istilah statistik yang menunjukan tingkat penyimpangan proses dari keunggulan, dimana memungkinkan penemuan akan kecacatan dari produk maupun proses itu sendiri. Sedangkan metode lean bertujuan untuk mengurangi pemborosan dan meningkatkan nilai tambah produk atau jasa agar memberikan nilai kepada pelanggan.
Copyrights © 2024